May 28, 2024

Tips Mengatasi Pengangguran Friksional Demi Kemajuan Ekonomi

3 min read
Tips Mengatasi Pengangguran Friksional Demi Kemajuan Ekonomi

Mengatasi pengangguran friksional yang sering kali menjadi permasalahan di suatu negara, penting dilakukan oleh setiap pemerintah maupun sejumlah pihak. Sebab jika masalah ini semakin dibiarkan, tentunya akan menyebabkan kesenjangan ekonomi.

Sehingga, hal inilah yang nantinya akan dapat menyebabkan terjadinya dampak masalah serius bagi perekonomian suatu negara. Bahkan, adanya masalah ini juga akan menyebabkan terjadinya gangguan stabilitas keamanan dan politik negara.

Tips Mengatasi Pengangguran Friksional Agar Ekonomi Masyarakat Sejahtera

Umumnya, hampir setiap negara di dunia mengalami yang namanya masalah pengangguran. Salah satunya, yakni ada pengangguran friksional yang merupakan fase ketika seseorang menganggur karena belum mendapatkan pekerjaan baru sesuai harapan.

Meski tergolong normal dan bisa dialami siapa saja, namun kondisi ini harus diatasi agar tidak menimbulkan masalah ekonomi yang serius. Dalam mengatasi pengangguran friksional tersebut, bisa dilakukan dengan tips berikut.

Tips Mengatasi Pengangguran Friksional Agar Ekonomi Masyarakat Sejahtera

1. Meningkatkan Informasi Seputar Lowongan Kerja Bagi Masyarakat

Pada dasarnya, salah satu faktor penyebab mengapa tenaga kerja belum memperoleh pekerjaan yakni karena kesulitan mendapatkan info lowongan kerja. Akibatnya, angka pengangguran negara menjadi semakin tinggi jika tidak segera diatasi.

Untuk bisa mengatasi masalah ekonomi ini, perlu dilakukan dengan cara meningkatkan informasi seputar lowongan kerja bagi masyarakat. Dalam hal ini, penyedia lowongan kerja bisa menyebarkan info pekerjaan secara lebih luas.

Baik itu dengan cara menyebarkan informasi lowongan kerja melalui surat kabar, internet dan media lainnya. Dengan menerapkan cara efektif ini, dipastikan tenaga kerja dapat berkesempatan melamar pekerjaan sesuai yang diinginkannya.

2. Memberikan Fleksibilitas Pekerjaan untuk Posisi Pekerjaan Tertentu

Jika melihat banyaknya orang yang menganggur karena belum mendapatkan pekerjaan layak, tentunya menimbulkan permasalahan tersendiri bagi pemerintah. Pasalnya, hal ini lama kelamaan akan dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan ekonomi di negara.

Maka dari itu, solusi tepat dalam mengatasi pengangguran friksional bisa dilakukan dengan memberikan fleksibilitas pekerjaan. Lebih tepatnya, yaitu dengan membuka akses kemudahan bagi para pencari kerja untuk posisi pekerjaan tertentu.

Berkaitan dengan hal tersebut, penyedia lowongan kerja bisa menetapkan syarat dan kualifikasi yang mudah bagi para pelamar. Selain itu, juga bisa memberikan kemudahan dalam hal prosedur melamar kerja bagi pelamar.

3. Melakukan Pembangunan Industri Padat Karya

Penting untuk Anda ketahui, bahwa umumnya ada banyak sekali permasalahan ekonomi yang sering kali menghambat kemajuan bangsa. Contoh yang paling sering ditemukan, yaitu mengenai minimnya lapangan kerja bagi kalangan masyarakat.

Tentu saja, ini dapat mengakibatkan terjadinya kesulitan masyarakat dalam memperoleh pekerjaan layak demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, tidak jarang juga sering kali ditemukan adanya permasalahan masalah pengangguran di berbagai negara.

Sebagai upaya untuk mengatasi pengangguran friksional tersebut, pemerintah perlu melakukan pembangunan industri padat karya. Yakni mekanisme produksi dalam industri dengan memfokuskan pada penggunaan tenaga kerja untuk menghasilkan jasa dan barang.

4. Meningkatkan Skill / Kemampuan yang Dimiliki Setiap Individu

Hingga sejauh ini, banyak ditemukan masalah ekonomi negara berupa sulitnya mencari kerja karena terbatasnya skill / kemampuan yang dimiliki individu. Kondisi tersebut, biasanya terjadi karena belum meratanya pendidikan di negara.

Apabila dibiarkan saja, tentunya akan dapat menyebabkan dampak pengangguran semakin luas dan tidak bisa teratasi dengan baik. Karenanya, pemerintah perlu mengatasi pengangguran friksional dengan meningkatkan skill / kemampuan setiap individu.

Dalam meningkatan skill / kemampuan individu sendiri, bisa dilakukan dengan mengikuti pelatihan secara offline maupun online. Adanya pelatihan tersebut, tentunya bisa menjadi nilai tambah tersendiri ketika seseorang melamar pekerjaan nantinya.

5. Memperluas Jaringan dengan Ikut Serta dalam Komunitas Profesional

Memiliki jaringan dan koneksi luas, umumnya juga bisa menjadi salah satu upaya mengatasi pengangguran friksional. Sebab adanya jaringan dan koneksi luas, tentunya memberikan peluang emas dalam memperoleh informasi lapangan kerja.

Berkaitan dengan hal tersebut, pastikan seseorang untuk terlibat dalam komunitas profesional. Pasalnya dengan ikut serta dalam keterlibatan komunitas profesional, maka akan memberikan banyak sekali manfaat dan keuntungan menarik di dalamnya.

Baik itu dalam upaya memperluas jaringan, memperoleh informasi terkini seputar industri sampai membangun reputasi bidang tertentu. Tentu saja, ini akan menjadi solusi efektif mengatasi masalah angka pengangguran di suatu negara.

6. Melakukan Evaluasi dan Refleksi Terhadap Diri Sendiri Secara Berkala

Mengatasi masalah pengangguran bersifat friksional yang terjadi di suatu negara, juga bisa dilakukan dengan mengevaluasi dan merefleksi diri secara berkala. Upaya yang dilakukan, biasanya berkaitan dengan pencapaian, keterampilan dan minat.

Ketika seseorang melakukan evaluasi dan refleksi terhadap diri sendiri, bukan tidak mungkin akan memudahkan arah maupun tujuan dalam berkarir. Bahkan, ini bisa memudahkan dalam mengidentifikasi area yang memang perlu ditingkatkan.

Tidak hanya itu, mengevaluasi dan merefleksi diri juga bisa menjadikan individu dapat menghadapi segala perubahan serta tantangan dalam pasar kerja. Sehingga, ini dapat membantu negara mengatasi permasalahan ekonomi di dalamnya.

Pengangguran friksional, menjadi permasalahan yang sering kali mendapat perhatian dari pemerintah maupun sejumlah pihak. Karena itulah, penting mengatasi pengangguran friksional agar terhindar dari masalah serius dan dapat memajukan ekonomi negara.

About Author