February 26, 2024

BBM Alternatif Motor yang Ramah Lingkungan untuk Masa Depan

3 min read

BBM alternatif motor menjadi informasi cukup menarik khususnya bagi pengguna jenis kendaraan roda dua di Indonesia. Bahan bakar minyak (BBM) atau banyak orang menyebutnya bensin menjadi sorotan masyarakat luas saat harganya naik.

Selain itu, tingkat polusi udara akibat asap knalpot kendaraan juga menjadi sorotan penting. Dengan kondisi seperti itu, seharusnya ada penggantinya dengan harga lebih murah dan tetap ramah lingkungan. Lalu, apakah ada BBM alternatif untuk motor dengan kriteria seperti itu?

Mengenal Lebih Dekat BBM Alternatif Motor

Anda tentu sudah mengenal beberapa jenis bahan bakar untuk kendaraan roda dua, seperti Pertalite dan Pertamax. Keduanya mudah ditemukan karena dijual bebas untuk masyarakat umum terutama di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) milik Pertamina. Sebelum eksis di pasaran, ada jenis Premium harganya lebih murah, tetapi oktannya lebih rendah. Untuk mengurangi subsidi BBM karena salah sasaran, akhirnya pemerintah menghapus bensin premium.

Akhirnya hingga sekarang, hanya Pertalite dan Pertamax yang bertahan di pom Pertamina. Kemungkinan harga keduanya akan terus naik dengan alasan menyesuaikan harga minyak bumi di pasaran internasional. Terutama Pertamax dengan kadar oktan lumayan tinggi, tetapi harganya kurang merakyat. Bahan bakar tersebut lebih ramah lingkungan, tetapi harganya lebih mahal. Tentu masalah harga ini menjadi perhatian khusus masyarakat luas.

Oleh karena itu, muncul ide menciptakan BBM alternatif ramah lingkungan, tetapi harganya juga murah. Mulai dari gas, biotenol, air, dan lain sebagainya. Semuanya bertujuan sama, yaitu menemukan bahan bakar alternatif untuk sepeda motor. Penelitian dan proses menemukannya dilakukan oleh per individu, kelompok, hingga melibatkan perusahaan besar. Ada yang berhasil, tetapi masih banyak kurang beruntung.

Modal atau pendanaan menjadi salah satu kendalanya karena mungkin tidak ada sponsorship dari pihak tertentu. Dengan begitu, pendanaan untuk melakukan penelitiannya murni dari uang pribadi.  Anda mungkin juga pernah membaca artikel atau berita tentang penemuan BBM alternatif untuk motor tersebut di berbagai media massa. Hal tersebut membuktikan bahwa kegiatan seperti itu sangat menarik dan hasilnya dinanti masyarakat umum.

Mengenal Beberapa BBM Alternatif Motor yang Berhasil Ditemukan

Anda sekalian juga perlu mengetahui bahwa ada bahan bakar alternatif untuk kendaraan roda dua. Ada yang sudah dipasarkan secara terbatas, tetapi ada juga yang belum. Minimal Anda mengetahuinya terlebih dulu untuk menambah pengetahuan.

Siapa tahu di kemudian hari bisa menggantikan bensin yang biasa dipakai masyarakat Indonesia. Terutama BBM alternatif motor lebih ramah lingkungan serta harganya masih bersahabat untuk seluruh masyarakat.

  • Compressed Natural Gas (CNG)

    Bahan bakarnya bukan dalam wujud cair, tetapi gas. Jadi, jenis kendaraannya juga perlu menyesuaikan dengan bahan bakar gas (BBG) tersebut. Gas ini terbentuk dari bahan Metana yang sudah disimpan dengan tekanan tinggi.

    Hasilnya menjadi gas sebagai pengganti bensin yang lebih bersih pembakarannya. Dengan begitu, bisa dikatakan lebih ramah lingkungan untuk mengatasi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor. Namun, teknologi motornya yang mungkin belum bisa diadaptasi di Indonesia.

  • Synthetic Gasoline

    Jenis bahan bakar sintetik yang sebenarnya sudah lama diproduksi serta digunakan terutama di negara-negara Eropa dan Amerika. Bahkan, bahan bakarnya menjadi pasokan utama mesin-mesin perang pada masa Perang Dunia II.

    Proses pembuatannya dari suhu gas karbondioksida secara kelistrikan yang akhirnya menjadi bahan cair. Namun sayangnya, prosesnya cukup panjang dan hasil produksinya tidak begitu banyak. Biayanya juga cukup tinggi sehingga kurang efektif untuk jangka panjang.

  • Hydrogen

    BBM alternatif motor berikutnya adalah Hydrogen. Jenis gas yang diketahui lebih ringan dari udara, tidak berwarna, serta tidak berbau. Hydrogen terbuat dari campuran atau gabungan unsur gas alam dan air.

    Ternyata gas tersebut juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakar alternatif kendaraan bermotor. Jika gas ini bercampur dengan udara pada kapasitas tertentu serta mengaplikasikan teknologi bagus, maka mampu menghasilkan pembakaran di mesin motor lebih efisien.

  • Ethanol

    Selanjutnya, ada bahan alternatif lainnya yang bisa dipakai sebagai pengganti bensin, yaitu Ethanol. Salah satu jenis alkohol yang sudah dicampur bensin beroktan tertentu, sehingga menjadi bahan bakar cair untuk kendaraan bermotor.

    Sebenarnya penggunaan Ethanol sudah pernah diuji coba dan diterapkan di Indonesia meskipun masih terbatas. Namun sayangnya, belum ada dukungan dari pemerintah maupun swasta untuk lebih meningkatkan produksinya di lapangan.

  • Biomass Methane

    Masih ada BBM alternatif motor yang perlu Anda ketahui, yaitu bernama Biomass Methane. Gas Metana yang bisa dihasilkan dari pengolahan limbah organik, sampah domestik, kotoran hewan, hingga limbah industri. Namun demikian, membutuhkan gasnya cukup banyak untuk bisa menjadi BBG. Jika kuantitasnya tidak mencukupi, paling hanya untuk pemanas atau kompor gas saja.

Beberapa bahan pengganti bensin untuk kendaraan bermotor diatas bisa menjadi alternatif di kemudian hari. Pastinya Anda tetap menginginkan BBM alternatif motor yang ramah lingkungan sekaligus ramah di kantong.

About Author