February 26, 2024

Kaki Sering Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Diabetes

3 min read

Kaki sering kesemutan bisa jadi pertanda bahwa Anda sedang alami penyakit tertentu, meskipun juga bisa terjadi karena sering duduk bersila, menindih salah satu bagian tubuh, atau juga berlutut. Hal tersebut membuat salah satu bagian tubuh tersebut mengalami kekurangan darah serta oksigen.

Tentu ini membuat tubuh mengalami rasa seperti tertusuk jarum, terbakar, bahkan mati rasa. Hanya saja jika intensitas tinggi dan sering terjadi setiap harinya, bisa jadi merupakan pertanda bahwa tubuh sedang mengalami suatu penyakit tertentu, seperti mungkin Diabetes.

Macam-macam Penyakit dengan Tanda Kaki Sering Kesemutan

Kami memberikan informasi ini untuk membantu Anda melakukan diagnosis secara mandiri lebih dahulu, sebelum pada akhirnya memeriksakannya kepada pihak yang memiliki keahlian.
Sehingga akan membuat penanganan terhadap penyakit tersebut dapat terjadi secara maksimal.

Mendapatkan penanganan yang tepat bisa membuat penyakit yang di derita cepat sembuh. Apa saja macam-macam penyakit yang berkaitan dengan tanda kaki sering kesemutan sebagai berikut, Kami mulai dari yang ringan-ringan berlanjut ke kemungkinan berat.

  1. Malnutrisi vitamin

    Asupan vitamin menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang, sebab vitamin akan membuat tubuh bisa semakin bugar. Di mana vitamin merupakan kebutuhan pokok bagi organ dalam tubuh. Hanya saja jika berlebihan juga akan menimbulkan efek yang tidak bagus, salah satunya seperti kaki sering kesemutan karena kelebihan vitamin B6 di dalam tubuh.

    Sementara jika kekurangan juga akan membuat hal serupa sering terjadi juga, untuk kekurangan biasanya akan sering terjadi pada vitamin B12. Sebaiknya memang usahakan menjaga kecukupan vitamin di dalam tubuh, demi membuat kebutuhan sehari-hari untuk membuat tubuh semakin bugar serta sehat dapat tercapai.

  2. Keracunan

    Selain menjadi tanda bahwa terjadi malnutrisi pada vitamin, ada kemungkinan lainnya juga jika terjadi hal tersebut, mungkin keracunan merupakan tanda yang bisa berikutnya. Kaki sering kesemutan bisa terjadi karena ada tumpukan racun di dalam tubuh, membuat tubuh akan memberikan reaksi tertentu sebagai pertanda bahwa ada yang tidak beres.

    Ada banyak penyebab keracunan dan bisa terjadi pada konsumsi beberapa bahan kimia, keracunan obat, dan paparan zat tertentu yang tidak dapat tubuh toleransi. Jika Anda mengetahui peringatan ini lebih cepat, jelas saja akan membuat penanganan dapat dilakukan secara cepat serta tepat sasaran.

  3. Saraf Kejepit

    Kaki sering kesemutan merupakan tanda bahwa ada kemungkinan saraf sedang mengalami masalah tertentu, bisa saja karena penyakit tertentu yang memengaruhinya. Bahkan bisa juga karena adanya kondisi tertentu seperti terjepit, sehingga akan membuat muncul rasa kebas serta kesemutan sesudahnya.

    Hanya saja untuk gejalanya akan semakin parah seiring waktu, bukan hanya kesemutan saja tapi juga akan merasakan sensasi terbakar di bagian tertentu. Begitu pula dengan otot yang makin melemah dan berakhir pada tidak bisa bergerak bebas, sebab saraf yang menggerakkan motorik tubuh sedang mengalami masalah.

  4. Penyakit Sistemik

    Jika terjadi pada tubuh dalam jangka waktu panjang dan lama, serta kronis selama tahunan. Mungkin saja ini merupakan tanda daripada penyakit sistemik. Suatu penyakit yang akan memengaruhi kondisi tubuh seseorang secara keseluruhan, biasanya ada gangguan hormon seperti tumor atau hipotiroid di saraf.

    Sedangkan penyebabnya bisa terjadi karena bermacam-macam faktor, tapi yang paling sering terjadi pada manusia jaman sekarang adalah penyakit di darah. Selain itu juga bisa karena gangguan ginjal, penyakit hati, dan sebagainya. Untuk penanganan tentu dengan menyembuhkan secara bertahap penyakit sistemik tersebut.

  5. Kecanduan alkohol dan minuman sejenis

    Ketika Anda sering mengonsumsi alkohol akan sudah pasti keesokan harinya akan mengalami kaki sering kesemutan, sebab itu merupakan tanda tubuh sedang mengalami masalah. Masalah karena kerusakan yang ditimbulkan oleh alkohol, seperti kerusakan saraf dan juga kekurangan tiamin serta vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari.

    Sebab bagaimanapun untuk bisa beraktivitas seperti biasa, tubuh harus memenuhi kebutuhan dasar atas dua hal penting tersebut. Jika terus-terusan mengonsumsi alkohol akan membuatnya kurang dan buat tubuh akan mengalami kerusakan secara perlahan dengan tanda kesemutan tersebut.

  6. Diabetes atau gula darah tinggi

    Mungkin jika Anda mendengar untuk pertama kali akan terlihat tidak masuk akal, padahal ini merupakan tanda yang benar-benar sering terjadi pada saat pertama kali masuk gejala awal Diabetes.

Pada gejala awal ini biasanya rasa kaki sering kesemutan akan menjalar ke salah satu atau kedua lengan atas. Kondisi akan semakin parah jika Diabetes tidak segera ditangani. Hal ini bisa terjadi karena gula darah tinggi akan membuat kerusakan pada pembuluh darah kecil di dalam tangan serta kaki, sehingga membuat kesemutan semakin terasa.

Bagaimana, sedang mengalami kondisi tersebut secara intens dan datang berkali-kali setiap harinya? Memang tidak selalu akan jadi pertanda penyakit-penyakit di atas. Tapi alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter terdekat. Tujuannya agar mendapatkan penanganan lebih dini dengan berdasarkan analisa kaki sering kesemutan tersebut.

About Author

More Stories