February 26, 2024

5 Keuntungan Gadai Syariah Khususnya untuk Masyarakat Islam

3 min read

Bagi masyarakat Islam, ada beberapa keuntungan gadai syariah yang seharusnya diketahui. Gadai adalah salah satu kegiatan ekonomi yang melibatkan penjaminan barang berharga ke kantor pegadaian, lalu mendapatkan sejumlah uang senilai dengan harga barang jaminan itu.

Sistem ini sebenarnya sudah dikenal sejak zaman dulu, bahkan juga dilakukan oleh orang Islam zaman dulu saat membutuhkan uang. Di zaman modern tentu saja kegiatan ini juga bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara mendapatkan banyak uang ketika sangat membutuhkannya.

Keuntungan Gadai Syariah Bagi Masyarakat

Bagi Anda yang belum pernah memakai sistem menggadaikan barang secara syariah, mungkin masih belum tahu apa saja keuntungannya. Terdapat keuntungan untuk memenuhi kebutuhan pribadi sekaligus menepati aturan Islam. Berikut adalah penjelasan tentang keuntungannya, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Solusi saat membutuhkan banyak uang

    Keuntungan gadai syariah adalah sebagai solusi untuk masyarakat Islam saat membutuhkan uang dalam jumlah besar. Dalam hal ini, menggadaikan barang akan menjawab masalah uang yang mendesak. Misalnya saat Anda butuh biaya rumah sakit, pendidikan, atau masalah lain.

    Hal ini karena gadai barang berharga biasanya akan memberi Anda uang dalam jumlah banyak. Terutama jika barang yang digadaikan merupakan emas atau sejenisnya. Setidaknya emas akan bernilai jutaan jika beratnya besar atau minimal 800 ribu sampai 1 juta untuk harga per karat.

    Tentunya untuk mendapat uang berjumlah besar dan dalam waktu dekat, Anda harus tahu apa saja yang perlu disiapkan. Selain menyiapkan barang berharga untuk gadainya, siapkan juga dokumen dan langsung datangi kantor pegadaian syariah agar prosesnya sesuai aturan Islam.

  2. Menjaminkan barang tanpa pindah nama

    Keuntungan gadai syariah lainnya adalah Anda bisa menjaminkan barang tanpa pindah nama atau kepemilikannya pindah kepada orang lain. Dengan begitu, Anda tidak perlu kehilangan barang berharga, karena sistem di sini adalah pinjam uang dengan menjaminkan suatu benda.

    Hal ini juga sesuai dengan aturan Islam tentang pegadaian, yaitu di zaman dulu orang – orang Islam boleh meminjam uang kepada orang lain yang lebih mampu. Namun untuk meminjam tentu ada penyerahan barang berharga untuk jaga – jaga jika hutangnya tidak bisa dibayar.

    Tentu saja transaksi seperti ini sah untuk dilakukan. Jadi Anda tidak perlu takut kehilangan barang berharga sebagai jaminan. Namun keuntungan ini hanya bisa didapatkan jika Anda membayar angsurannya secara rutin, jadi pastikan untuk membayar pinjaman setiap bulannya.

  3. Bisa menyicil

    Keuntungan gadai syariah lainnya adalah bisa menyicil setiap bulan agar bisa mendapatkan barang jaminannya kembali. Sebenarnya cicilan itu sendiri kurang sesuai dengan aturan Islam, namun dalam hal ini cicilan tidak menggunakan bunga sehingga sesuai dengan aturan Islam.

    Banyak masyarakat yang mungkin belum memahami cara kerja pegadaian syariah ini. Padahal tanpa adanya bunga dalam jumlah besar, Anda bisa lebih untung karena pinjam uang dengan jaminan barang nantinya tidak akan memberatkan saat pembayaran cicilan setiap bulan.

    Jumlah cicilannya juga sudah ditentukan oleh pihak pemberi pinjaman, sehingga Anda harus membayar sesuai dengan jumlah tersebut setiap bulannya. Dalam hal ini, pembayaran bisa dilakukan secara langsung pada pihak pemberi pinjaman atau secara online jika ada aplikasinya.

  4. Tidak perlu kredit atau pinjol

    Keuntungan gadai syariah berikutnya adalah tidak perlu kredit atau ikut pinjol saat butuh uang. Hal ini karena kredit atau ikut pinjol kurang sesuai dengan aturan Islam. Bahkan sistem itu bisa saja merugikan karena adanya jumlah bunga terlalu besar atau proses peminjaman yang rumit.

    Daripada Anda kredit uang, sewa modal atau ikut pinjaman online yang kurang jelas, sebaiknya gadaikan saja barang berharga untuk mendapat uang dalam waktu dekat. Dengan gadai, Anda tidak harus membayar bunga dalam jumlah besar.

  5. Tata caranya sudah sesuai dengan aturan Islam

    Keuntungan gadai syariah terakhir adalah tata caranya sudah sesuai dengan syariat Islam. Jadi bisa lebih menenangkan karena tidak akan ada dosa di dalamnya. Hal ini karena sistem gadai di syariah adalah tidak menetapkan bunga, namun ada biaya pemeliharaan saja.

    Biaya pemeliharaan dan biaya admin adalah satu – satunya biaya tambahan lain untuk membayar jasa orang yang sudah membantu memberikan pinjaman setelah ada jaminan barang. Jadi cara seperti ini sudah pasti aman dan tidak membuat pelakunya dosa pada Allah.

Setelah memahami apa saja aturannya, tentu Anda tidak akan takut menggadaikan barang saat membutuhkan uang dalam jumlah besar dan dalam waktu dekat. Asalkan sudah sesuai dengan syariat Islam, pasti Anda bisa lebih tenang menggadaikan barang dan justru ada keberkahannya.

Sebelum mulai menggadaikan, pastikan Anda sudah memahami berapa kebutuhan uangnya. Lalu siapkan barang berharga yang bernilai sama dengan kebutuhan. Setelah itu manfaatkan keuntungan gadai syariah dengan cara mendatangi kantor pegadaian khusus untuk syariah.

About Author