February 26, 2024

Menghindari Penipuan QR Code yang Membahayakan Data Pribadi

3 min read

Anda harus mulai berhati-hati dengan adanya kasus penipuan QR code yang cukup marak terjadi belakangan ini. Apalagi saat ini sudah banyak kegiatan sehari-hari yang memanfaatkan teknologi tersebut. Proses pembayaran, pendaftaran, hingga informasi khusus bisa Anda akses melalui QR code yang sudah tersedia.

Tentu saja hal ini memang sangat memudahkan, tetapi sekaligus membahayakan jika tidak berhati-hati. Pihak tidak bertanggung jawab bisa saja menyalahgunakan teknologi tersebut. Sehingga Anda perlu mengetahui cara untuk menghindari penipuan menggunakan teknologi QR code yang ada di sekitar.

Penggunaan QR Code di Sekitar Anda

Quick Response code. Adalah arti dari QR code Adanya susunan kotak-kotak hitam tersebut ternyata mampu menyimpan begitu banyak informasi sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan cepat dan praktis. Namun ternyata di balik sisi praktis dan memudahkan tersebut, teknologi ini sudah banyak dimanfaatkan untuk melakukan penipuan QR code.

Hal itu dapat terjadi tanpa korban menyadarinya. Anda tinggal scan menggunakan smartphone QR code yang tersedia dan dalam hitungan detik akan langsung muncul informasinya. Termasuk dalam hal pembayaran non tunai sangatlah mudah dengan teknologi tersebut. Selain memudahkan akses, ternyata penggunaan QR code juga membuat desain jadi lebih cantik.

Jadi dalam sebuah poster atau papan informasi, tidak perlu terlalu banyak tulisan, tinggal menambahkan teknologi tersebut untuk informasi lebih lanjut.  Sehingga setiap orang bisa mengakses informasi secara tepat dan cepat. Namun memang Anda juga tidak boleh sembarangan scan karena bisa saja hal tersebut kemudian menjadi bumerang yang merugikan diri sendiri.

Modus Penipuan QR Code

Untuk menghindari adanya penipuan tersebut maka Anda harus memahami modusnya dengan baik. Sehingga nantinya tidak sampai mudah tertipu dengan pintarnya orang-orang memanfaatkan teknologi saat ini untuk menipu. Memang sudah banyak di sekitar penggunaan QR code untuk memudahkan. Namun Anda harus perhatikan apakah memang kode tersebut resmi atau tidak.

Jika kodenya palsu maka Anda bisa mengunduh virus Malware ke dalam ponsel. Ketika virus masuk ke ponsel kemungkinan terselamatkannya kecil. Sehingga penjahat cyber bisa melakukan penipuan QR code untuk mendapatkan akses penuh pada ponsel  secara online. Nantinya si penipu bisa mengakses beragam data pribadi hingga sosial media untuk mendapatkan keuntungannya.

Apalagi sampai bisa mengakses mobile banking tentu sangat berbahaya. Penipuan QR code bisa terjadi di parkiran, restoran modern, tagihan bulanan palsu, sampai di poster palsu. Anda harus berhati-hati dan memastikan kode yang discan sudah benar dan resmi dari pihak terkait. Seperti tagihan bulanan palsu yang dikirimkan melalui pesan chat, tentu harus sangat berhati-hati.

Jika chat tersebut bukan dari lembaga resmi terkait maka jangan sampai Anda akses QR code tersebut. Sehingga pembuatan dan beragam akses yang perlu Anda lakukan tetap terlindungi tanpa risiko dibobol oleh orang lain. Jika mendapatkan QR code mencurigakan atau bukan dari lembaga resmi maka konfirmasi terlebih dahulu sebelum scan.

Langkah Mencegah Penipuan QR Code

Terkadang karena sudah biasa melakukan scan QR code dalam berbagai kesempatan kemudian menurunkan sikap kejelian Anda. Jadi melakukan scan tanpa memperhatikan informasi atau segala detail yang mencurigakan di dalamnya.

Tentu saja ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari risiko penipuan ini. Dengan pemahaman tersebut maka nantinya akan lebih mudah mengenali yang palsu dan kebutuhan transaksi atau akses informasi tetap berjalan lancar.

  1. Perhatikan dengan baik alamat situs yang tertaut dan jika ada tanda mencurigakan jangan lanjutkan akses.
  2. Sebaiknya Anda menghindari menginstal aplikasi apapun melalui QR code. Lebih baik memilih mencari aplikasi dari tempat resmi seperti app store atau google play agar lebih aman.
  3. Perhatikan kembali konten dan kenyataannya sesuai. Misalnya Anda scan untuk kebutuhan pengisian survei maka harus ada form khusus untuk survei. Jika hal tersebut ada yang ganjil maka segera tutup situsnya.
  4. Jika kebutuhannya untuk pembayaran maka lakukan konfirmasi pada petugas yang ada di sekitar. Misalnya scan kode untuk bayar parkir maka tanyakan pada petugasnya mana QR code yang harus Anda scan.

Untuk bisa benar-benar menghindari penipuan QR code memang cukup sulit. Namun dengan meningkatkan kejelian dan membiasakan membaca setiap informasi yang ada maka akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan penipuan tersebut. Jadi jangan sampai sembarangan dan tanpa membaca langsung melakukan perintah yang ada.

Tindakan tersebut sangat berbahaya dan bisa saja menjadi kerugian besar jika sampai bisa mengakses data pribadi dalam smartphone. Penggunaan smartphone dan segala teknologi saat ini yang sangat memudahkan jangan sampai membuat terlena dan akhirnya merugikan. Anda harus memperhatikan secara detail setiap hal di dalamnya sehingga tidak mengalami penipuan QR code.

About Author

More Stories