May 28, 2024

Timnas Indonesia Era STY Dianggap Terbaik Sepanjang Masa

3 min read
Timnas Era Shin Tae Yong

Hampir semua pecinta sepak bola di tanah air setuju bahwa Timnas Indonesia era STY menjadi skuad terbaik sepanjang masa. Shin Tae-Yong selaku pelatih timnas sedang membangun generasi emas.

Hal ini sudah terbukti dengan terpecahnya beberapa rekor yang sebelumnya tidak pernah diraih oleh timnas Indonesia. Yuk ketahui alasan mengapa timnas era STY dianggap terbaik sepanjang masa oleh masyarakat Indonesia.

7 Alasan Timnas Indonesia Era STY Terbaik Sepanjang Masa

Shin Tae-Yong merupakan pelatih timnas Indonesia yang ditunjuk pada Desember 2019 oleh Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI. Kesuksesan Garuda Muda tidak terlepas dari peran penting sosok pelatih yakni STY.

Sebagai pecinta sepak bola di tanah air pasti merasakan perubahan besar Timnas Indonesia era STY daripada era sebelumnya. Berikut adalah 7 alasan mengapa timnas Indonesia eranya Shin Tae-Yong dianggap terbaik.

1. Suksesnya Kombinasi Diaspora dan Pemain Lokal

Indonesia pernah melakukan naturalisasi pemain demi memperkuat skuad Garuda, contohnya seperti Gonzales. Namun, STY sangat sukses membangun skuad timnas Indonesia dengan kombinasi pemain diaspora atau keturunan dan pemain lokal.

Bisa dikatakan semua pemain diaspora timnas Indonesia berhasil menunjukkan kualitas terbaiknya. Kombinasi pemain lokal dan diaspora mampu menciptakan permainan ciamik di setiap kali timnas Indonesia bertanding.

2. Berani Memotong Generasi dengan Usia Muda

Alasan timnas Indonesia era Shin Tae-Yong dianggap terbaik sepanjang sejarah timnas karena berani memotong generasi. Sejak pertama kali didatangkan, STY berkomitmen untuk membangun skuad timnas jangka panjang.

Hal ini dibuktikan dengan adanya skuad Timnas Indonesia era STY didominasi oleh pemain berusia kurang dari 23 tahun. Skuad ini akan terus berkembang secara terus menerus ke depannya.

3. Skuad dengan Stamina Terbaik Sepanjang Masa

Timnas era sebelum Shin Tae-Yong selalu kalah dalam segi stamina. Biasanya jika pertandingan sudah berjalan hingga menit ke-70, stamina para pemain melemah dan sering kali menyulitkan Garuda untuk menang.

Berbeda dengan sekarang, skuad Garuda Muda sudah memiliki stamina yang sangat bagus layaknya pemain-pemain Eropa. Pertandingan berjalan 90 menit hingga babak extra time bukan jadi masalah bagi timnas.

4. Materi Skuad Garuda yang Unggul

Skuad Timnas Indonesia era STY memiliki materi yang unggul daripada era sebelum-sebelumnya. Beberapa nama pemain diaspora seperti Thom Haye, Ragnar, Baggott, Jordi Amat, Ivar, Hubner, Struick, dan Nathan sangat menterang.

Di sisi lain, terdapat nama-nama seperti Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Ernando, Arhan, dan Asnawi sangat berkualitas. Kualitas mereka yang meningkat signifikan tentunya tidak terlepas dari peran STY.

5. Prestasi Cemerlang

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penggemar sepak bola terbesar di dunia. Namun, soal prestasi pada cabor sepak bola, Indonesia masih nihil karena sangat kesulitan bersaing di Asia Tenggara.

Berbeda dengan Timnas Indonesia era STY yang berhasil mencetak prestasi cemerlang. Sejarah tercipta setelah timnas lolos 16 besar Piala Asia 2024 dan lolos semifinal 8 besar Piala Asia U-23 2024.

6. Mampu Bersaing di Asia

Beberapa prestasi lain ditorehkan timnas Indonesia sejak dilatih oleh STY kini mampu bersaing di Asia. Timnas Indonesia secara mengejutkan mampu mengalahkan Vietnam, Australia, Jordania, dan Korea Selatan.

Kemenangan atas beberapa negara yang dianggap raja sepak bola di Asia tersebut membuktikan kalau kualitas timnas Indonesia meningkat pesat. Tidak bisa dipungkiri kalau STY sangat sukses menukangi timnas Indonesia.

7. Menyuguhkan Permainan Cantik

Pemandangan Timnas Indonesia era STY hampir selalu menyuguhkan permainan cantik dengan high pressing, short pass, dan counter attack. Kemampuan pemain memahami strategi menjadi kunci suksesnya pelatih memenangkan pertandingan.

Sangat berbeda jika dibandingkan dengan timnas era sebelumnya yang hanya mengandalkan long pass. Tidak heran jika banyak penikmat sepak bola di Indonesia selalu menantikan permainan timnas era STY.

5 Tahun STY Melatih Timnas Indonesia Jadi Raksasa Asia

Generasi emas timnas Indonesia dianggap sebagai skuad terbaik sepanjang sejarah oleh publik sebagai penikmat sepak bola. Belum genap 5 tahun menjabat sebagai pelatih, STY sudah mengubah timnas menjadi raksasa Asia. Jika dulunya Indonesia bermain dengan negara ASEAN seperti Thailand, Kamboja, Filipina, Malaysia, Vietnam, dll. kini sudah naik level di Asia. Timnas menunjukkan kualitas yang mentereng ketika bertanding di level Asia.

Timnas Indonesia era STY berhasil mengalahkan Australia U-23 0-1 dan mengalahkan Jordania secara meyakinkan dengan skor 4-1. Terbaru, Indonesia berhasil menyingkirkan Korea Selatan di babak perempatfinal Asian Cup U-23 2024. Kesuksesan STY yang menjabat sebagai pelatih Tim Nasional Indonesia sejak tahun 2019 akan berakhir tahun 2024. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mendapatkan dukungan dari publik untuk segera memperpanjang kontrak STY.

Publik dan pecinta sepak bola Indonesia ingin memperpanjang kontrak pelatih STY dalam beberapa tahun ke depan. Performa timnas yang sangat bagus dan konsisten membuat masyarakat jatuh cinta terhadap STY.

Perlu diingat bahwa skuad Garuda Muda rata-rata masih berusia 23 tahun. Artinya, Timnas Indonesia era STY akan semakin matang dalam beberapa tahun ke depan untuk persiapan Piala Dunia 2026.

About Author