February 26, 2024

3 Cara Hewan Berkembang Biak Ovipar, Vivipar, Ovovivipar

3 min read

Ada beberapa cara hewan berkembang biak namun paling banyak diketahui yaitu cara bertelur dan melahirkan. Hal ini wajar jika pengetahuan banyak orang sebatas pada dua cara tersebut karena paling banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum perkembangbiakan hewan dibedakan menjadi dua yaitu generatif maupun vegetatif yang masing-masing memiliki cara tersendiri. Dengan berkembang biak maka mahkluk hidup khususnya hewan bisa menjaga keturunan serta keberlangsungan hidup spesiesnya.

Meskipun setiap hewan memiliki cara unik dalam reproduksi namun hasil akhirnya sama yaitu menjaga keturunan. Lantas apa saja cara perkembangbiakan yang dilakukan oleh hewan dan apa saja contohnya mari simak penjelasan berikut ini.

3 Cara Hewan Berkembang Biak dan Beberapa Contohnya

Jika Anda belum mengetahui apa saja perbedaan dari cara hewan berkembang biak ovipar, vivipar, ovovivipar. Maka bisa simak penjelasan singkat beserta contohnya yang dijelaskan secara sederhana berikut ini.

1. Ovipar

Ovipar sendiri berasal dari kata ovum yang memiliki makna bertelur sehingga hewan mengeluarkan telur dari dalam tubuhnya. Proses reproduksinya yaitu sel telur betina dibuahi oleh sperma dihasilkan dari hewan jantan.

Proses pembuahannya sendiri bisa secara internal yaitu terjadi didalam tubuh hewan itu sendiri maupun secara eksternal yaitu diluar tubuh. Contohnya:

  • Bangsa burung atau unggas seperti ayam, bebek, burung, merpati dan sejenisnya termasuk jenis kelompok hewan berbulu. Spesies ini juga bisa terbang dan proses pembuahannya dilakukan didalam tubuh dengan menghasilkan telur.
    Ketika telur sudah terbentuk dan dikeluarkan dari dalam tubuh kemudian masih ada proses untuk dierami. Dibutuhkan waktu sekitar 21 hari sampai telur berhasil dierami namun terkadang tidak semua telur berhasil.
  • Ikan serta amfibi termasuk dalam jenis hewan yang cara hewan berkembang biak bertelur atau ovipar. Namun spesies ini melakukan reproduksi atau pembuahan diluar tubuh kemudian terjadi didalam air ketika ikan betina mengeluarkan telur.
    Didalam air tersebut nantinya telur yang sudah dikeluarkan akan bertemu dengan sel sperma dan terjadi pembuahan. Contohnya yaitu kadal air, katak, ikan, salamander serta masih banyak contoh lainnya.
  • Tidak hanya spesies burung atau unggas, ikan dan amfibi saja namun dari spesies serangga juga bertelur. Hampir semua spesies serangga berkembangbiak dengan cara bertelur seperti capung, kupu-kupu, nyamuk, belalang, jangkrik dan lainnya.
    Contoh cara hewan berkembang biak seperti nyamuk mengeluarkan telur didalam air, belalang mengeluarkan telur didalam tanah dan contoh lainnya.

2. Vivipar

Cara hewan berkembang biak juga dilakukan dengan cara vivipar atau lebih mudah disebut dengan melahirkan. Proses reproduksinya adalah terjadi didalam rahim betina yang sebelumnya dilakukan proses perkawinan. Ketika proses perkawinan sperma jantan akan membuahi sel telur betina lalu akan membentuk zigot dan tumbuh berkembang menjadi calon individu baru. Selama proses kehamilan ini embrio akan mendapatkan nustrisi serta oksigen dari plasenta atau organ yang serupa dengan plasenta.

Setelah embrio tersebut berkembang dengan sempurna dan sudah cukup usia maka akan dilahirkan sebagai anak hidup. Nantinya ketika sudah lahir anak tersebut sudah siap bertahan hidup secara mandiri serta melakukan proses menyusu ke induknya. Vivipar ini termasuk salah satu cara hewan berkembang biak yang terjadi juga pada manusia serta beberapa jenis ikan. Contohnya seperti gajah, kerbau, paus, kucing, kambing, singa, kelinci, lumba-lumba, kera, harimau, sapi dan masih banyak contohnya.

Ada beberapa hal yang membedakan spesies vivipar dengan lain yaitu dengan beberapa ciri berikut ini.

  • Perkembangbiakan spesies ini dilakukan dengan cara melahirkan melalui proses mengandung didalam rahim dan proses menyusui bagi induknya.
  • Sistem peredaran darah spesies vivipar tertutup 4 bilik jantung dan mereka bernafas menggunakan paru-paru.
  • Mempunyai sistem saraf kompleks, otak besar berkembang dengan sangat baik sehingga memiliki kecerdasan tersendiri.
  • Mempunyai kelenjar keringat serta minyak yang secara alami digunakan untuk menjaga kesehatan bulu dan juga kulit di seluruh bagian tubuh.

3. Ovovivipar

Cara hewan berkembang biak selanjutnya adalah ovovivipar yang merupakan kombinasi antara melahirkan dengan bertelur. Sesuai dengan namanya perkembangbiakan satu ini sangat unik karena prosesnya telur dibuahi didalam tubuh hewan betina.

Namun telur tersebut akan menetas ketika masih berada didalam tubuh betina jadi telurnya tidak keluar seperti hewan ovipar. Proses reproduksinya sperma jantan akan membuahi telur betina lalu akan menghasilkan sebuah telur yang berkembang didalam tubuh betina.

Ketika telur tersebut sudah menetas baru akan ada proses melahirkan dan lahir mahkluk hidup baru yang siap hidup mandiri. Ada banyak contoh jenis hewan ovovivipar yang bisa ditemukan dialam bebas seperti ikan hiu, kecoak, lalat, kadal, kuda laut, iquana, bunglon dan lainnya.

Mahkluk hidup memiliki cara unik untuk bisa menghasilkan keturunan yaitu dengan bertelur, melahirkan ataupun keduanya. Cara hewan berkembang biak tersebut dinamakan ovipar, vivipar dan ovovivipar yang banyak ditemukan contoh spesies dengan keunikan tersebut.

About Author