July 12, 2024

Ketahui Inilah 6 Manfaat Strawberry bagi Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

3 min read
Ketahui Inilah 6 Manfaat Strawberry bagi Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

Strawberry merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil. Buah ini mengandung banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ibu selama masa kehamilan, seperti vitamin C, asam folat, serat, gula, kalium, kalsium, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, jika buah ini dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan sejumlah manfaat. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, hingga mencegah kecacatan pada janin.

6 Khasiat Strawberry untuk Kesehatan Ibu Hamil

Strawberry memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Ini dia beberapa manfaatnya!

Seperti yang diketahui, strawberry mengandung banyak nutrisi yang sehat bagi ibu hamil. Berkat nutrisi tersebut, buah ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

Mencegah Anemia

Perlu diketahui, selama masa kehamilan tubuh lebih rentan mengalami anemia atau kurang darah. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan lebih banyak sel darah merah untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Tentunya, hal ini tidak boleh dibiarkan karena dapat membahayakan ibu dan janin.

Beberapa bahaya dari anemia pada ibu hamil di antaranya, kelahiran prematur, depresi pasca melahirkan, serta berat badan bayi yang rendah saat lahir.

Strawberry mengandung zat besi yang dapat membantu mengatasi anemia pada ibu hamil. Zat ini juga dapat ditemukan pada makanan lainnya seperti sayuran hijau, telur, dan daging.

Meningkatkan kekebalan Tubuh

Selain rentan anemia, ibu hamil juga cenderung memiliki daya tahan tubuh yang menurun sehingga lebih berisiko terjangkit berbagai infeksi. Namun, kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada di dalam strawberry dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

Dengan begitu, tubuh dapat menangkal berbagai radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit bagi ibu hamil.

Mencegah Kecacatan Janin

Selama masa kehamilan, dokter dan bidan pasti menekankan agar ibu hamil memenuhi kebutuhan asam folatnya.  Pasalnya, kandungan ini memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah kecacatan pada janin.

Asam folat berperan besar dalam proses perkembangan dan pertumbuhan jaringan pada janin. Dengan rutin mengonsumsi strawberry, ibu hamil dapat terhindar dari riko kecacatan atau keguguran.

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa ibu hamil mungkin akan menderita darah tinggi atau hipertensi saat mereka hamil. Kondisi ini harus segera diatasi agar tidak terjadi preeklamsia pada ibu hamil. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa rutin mengonsumsi strawberry.

Buah ini mengandung kalium yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. Tidak hanya itu, kalium juga dapat membantu mengatasi kram kaki yang kerap dialami selama masa kehamilan.

Mengatasi Sembelit

Salah satu keluhan yang dialami selama masa kehamilan yaitu sembelit atau susah buang air besar. Kondisi ini kerap mengganggu dan berpotensi menimbulkan ambeien pada ibu hamil.

Untuk mengatasinya, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan tinggi serat seperti strawberry. Anda bisa mengonsumsi 3 gram strawberry selama masa kehamilan untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya pencernaan. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari sembelit.

Mengurangi Nyeri Sendi

Selama masa kehamilan, mungkin Anda akan mengalami nyeri sendi atau lutut. Hal ini terjadi karena berat badan yang tiba-tiba bertambah sehingga tubuh mudah kelelahan.

Strawberry mengandung anti-inflamasi yang bisa melindungi tubuh, termasuk area persendian. Dalam penelitian dikatakan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 50 gram stroberi setiap hari, akan mengalami peradangan dan rasa nyeri yang lebih sedikit pada area sendi.

Demikian beberapa manfaat dari buah strawberry bagi kesehatan tubuh hamil. Meskipun buah ini memiliki banyak manfaat, sebaiknya tetap konsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.