July 12, 2024

Beragam Manfaat Belajar Kelompok bagi Siswa Dapat Dirasakan

3 min read

Terdapat banyak manfaat belajar kelompok yang bisa dirasakan oleh para siswa. Manfaatnya bukan hanya terbatas pada peningkatan nilai akademik saja. Melainkan juga bermanfaat dalam aktivitas sosialisasi mereka.

Tidak heran bila di sekolah sesekali ada sistem pemberian tugas berkelompok. Di sekolah, belajar kelompok biasanya dibuat dalam bentuk pemberian tugas atau project tertentu menyesuaikan dengan materi pelajaran.

Jadi, nantinya dalam satu kelas, dibagi menjadi beberapa kelompok. Tugas yang diberikan harus dikerjakan bersama oleh setiap kelompok dengan para anggotanya. Agar lebih paham apa saja manfaat dari belajar secara berkelompok bagi siswa, Anda dapat menyimak uraian berikut.

Inilah Beragam Manfaat Belajar Kelompok bagi Siswa yang Bisa Dirasakan

Sebagian siswa lebih menyukai belajar sendiri karena alasan tertentu. Sedangkan sebagian lainnya lebih gemar belajar kelompok karena memiliki banyak manfaat. Inilah beragam manfaat belajar kelompok bisa dirasakan oleh para siswa:

  1. Meningkatkan Semangat dalam Belajar

    Manfaat pertama yaitu meningkatkan semangat dalam belajar karena merupakan metode yang berbeda dari biasanya. Apalagi ketika belajar secara berkelompok, antar siswa bisa saling berdiskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

    Dari awalnya sama-sama kesulitan menyelesaikan tugas atau memecahkan suatu permasalahan, menjadi terselesaikan dengan baik. Manfaat seperti inilah yang membuat banyak siswa lebih semangat ketika belajar secara berkelompok.

  2. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

    Belajar dengan metode berkelompok dapat meningkatkan rasa tanggung jawab. Hal seperti ini bisa terjadi karena dalam belajar bersama, biasanya akan ada pembagian tugas. Jadi, meskipun berkelompok, setiap siswa memiliki tugas.

    Di mana tugas tersebut menjadi tanggung jawab yang harus dipenuhi. Setiap orang harus menyelesaikan tugas sesuai pembagian supaya bisa selesai dengan lancar. Manfaat belajar kelompok satu ini tidak akan diperoleh bila Anda egois.

    Bukan hanya egois, tapi juga tidak memperdulikan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang sudah dibagikan. Jadi, dalam aktivitas satu ini memang diperlukan kerja sama yang baik antar anggota dalam menyelesaikan tugas.

  3. Menjadi Lebih Peduli dengan Orang Lain

    Manfaat selanjutnya yaitu membuat siswa lebih peduli terhadap orang lain. Sebab, mereka terbiasa peduli dengan anggota kelompoknya selama mengerjakan tugas. Kepedulian ini bentuknya bisa berupa pemberian semangat dan dukungan antar anggota.

  4. Mengajarkan agar Tidak Egois

    Selain meningkatkan kepedulian, manfaat belajar kelompok lainnya yaitu mengajarkan kepada siswa supaya tidak egois. Sebab, ada pembagian tugas yang diberikan kepada masing-masing anggota secara adil dan tidak memberatkan salah satunya saja.

  5. Melatih Kebiasaan untuk Berdiskusi serta Bertanya

    Seringnya belajar secara berkelompok akan semakin melatih kebiasan para siswa untuk berdiskusi serta bertanya. Bukan hanya berdiskusi dan bertanya kepada temannya saja, tapi juga terhadap guru.

    Diawali dengan kebiasaan berdiskusi serta bertanya secara leluasa kepada teman sekelompok, akan berpotensi membuat mereka menjadi lebih berani menerapkannya pada guru. Dampak positifnya, suasana kelas menjadi lebih aktif dan tidak pasif.

  6. Menjadi Lebih Terbiasa Mendengarkan Pendapat Orang Lain

    Manfaat belajar kelompok bagi siswa berikutnya adalah menjadi terbiasa mendengarkan pendapat orang lain. Dalam menjalankan aktivitas satu ini, tentunya akan ada sesi diskusi. Sesi ini akan membantu siswa menjadi terbiasa mendengarkan pendapat anggotanya.

    Sebab, ada prinsip yang dimunculkan, yaitu setiap anggota memiliki suara atau pendapat dan berhak mengungkapkannya. Setiap anggota juga berhak dihargai opininya. Kebiasaan di sekolah seperti ini bisa terbawa ke kehidupan sehari-hari.

  7. Memudahkan Pemahaman Materi

    Tidak semua siswa memahami dengan baik penjelasan materi yang disampaikan oleh guru saat di dalam kelas. Adanya kesempatan belajar secara kelompok, membuat siswa bisa berdiskusi dan bertanya-tanya mengenai hal yang belum dipahami bersama anggotanya.

    Dari yang awalnya merasa materi tersebut sulit dipahami, dengan diskusi seperti ini berpotensi memudahkan dalam memahaminya. Apalagi bila hasil diskusi dibahas bersama kelompok lainnya, membuat siswa memperoleh perspektif lain lebih luas.

  8. Membuat Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

    Manfaat belajar kelompok paling terasa yaitu membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Apalagi bila anggota kelompoknya semua bertanggung jawab menyelesaikan dengan baik tugas yang sudah dibagikan.

    Jadi, walaupun tugas yang diberikan jumlahnya banyak, karena dikerjakan secara berkelompok menjadi lebih cepat selesai dibandingkan pengerjaan secara mandiri. Dengan catatan, tidak ada anggota yang mengabaikan tugasnya.

  9. Meningkatkan Kreativitas

    Belajar secara berkelompok mampu meningkatkan kreativitas. Apalagi bila tugas yang diberikan mengharuskan para siswa untuk berkreasi. Contohnya, tugas mengerjakan prakarya berbahan dasar plastik.

  10. Meningkatkan Skill Kerja Sama

    Manfaat terakhir yang bisa siswa rasakan yaitu mengalami peningkatan kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Menyelesaikan tugas secara berkelompok berhubungan erat dengan kerja sama tim.

    Kerja sama tim yang baik akan membuat tugas terselesaikan dengan baik. Aktivitas seperti ini membuat siswa terbiasa menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan dengan cara membagi kepada setiap anggota dan sadar terhadap tanggung jawabnya masing-masing.

Belajar secara kelompok itu bukan hanya berdampak baik bagi siswa selama di sekolah saja, tapi juga di luar sekolah. Kebiasaan tersebut akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat belajar kelompok tidak akan diperoleh bila Anda sulit diajak bekerja sama.